BPOM Bersama Asparindo Latih Fasilitator menuju Pasar Aman Dari Bahan Berbahaya

Dibuat: 2017-09-13 16:28:49

Jakarta- BPOM bersama Asparindo melatih anggota Asparindo untuk menjadi Fasilitator Pasar Aman dari Bahan Berbahaya selasa (29/8). Kegiatan ini bertujuan untuk menyiapkan tenaga terlatih yang akan menjadi penggerak pengembangan Pasar Aman dari Bahan Berbahaya.

Peserta diberi pembekalan mengenai pemahaman tentang bahan berbahaya terutama yang disalahgunakan dalam pangan seperti formalin, boraks, rhodamin dan metanil kuning. Peserta juga dilatih bagaimana cara mengidentifikasi pasar tradisional yang akan diintervensi, melakukan sampling dan pengujian menggunakan alat test cepat hingga menyusun strategi untuk advokasi kepada pemerintah daerah atau stakeholder.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kota Palembang, Denpasar, Makassar dan Jakarta pada Tahun 2017 ini sudah menghasilkan fasilitator sebanyak 155 peserta. Setiap peserta yang sudah dilatih kedepannya dapat mereplikasi minimal 3 pasar di daerah nya menjadi Pasar Aman dari Bahan Berbahaya.

Dengan terbentuknya fasilitator Pasar Aman dari Bahan Berbahaya, bahan berbahaya yang disalahgunakan dalam pangan dapat diawasi secara mandiri sehingga keberadaannya di pasar tradisional tidak ditemukan lagi dan masyarakat merasa tenang bila berbelanja pangan di pasar. (jon)

Hubungi Kami - 1500533  Halo BPOM