PASAR AMAN DARI BAHAN BERBAHAYA DI KABUPATEN DOMPU

Dibuat: 2019-07-22 16:17:46

Rabu, 17 Juli 2019

Kantor Badan POM di Kabupaten Bima bersama-sama dengan lintas sektor terkait, yaitu Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Satuan Polisi Pamong Praja melakukan Pengawasan Bahan Berbahaya Dalam Pangan di Pasar Bawah Dompu.

Kegiatan rutin ini bertujuan agar masyarakat merasa aman dan nyaman untuk membeli produk pangan untuk kebutuhan sehari-hari bebas dari bahan berbahaya yang sering ditambahkan pada pangan seperti Formalin, Boraks dan Rhodamin B.

Kegiatan Pengawasan dimulai dengan pemeriksaan sarana didalam pasar dan dilakukan pengambilan sebanyak 12 (dua belas) sampel  produk pangan yang berpotensi mengandung bahan berbahaya, yaitu : kerupuk tempe, kerupuk terigu, cendol, terasi, tahu , daging ikan segar dan daging ikan yang dikeringkan. 

Sampel pangan selanjutnya dilakukan uji dengan menggunakan Rapid Test Kit Bahan Berbahaya.

Dari hasil pengujian ditemukan bahwa satu sampel kerupuk tempe diduga mengandung Bahan Berbahaya Boraks, sehingga dilakukan pembinaan kepada pedagang bersama sama dengan petugas pasar untuk tidak kembali menjual produk tersebut dan melakukan pendataan terhadap sumber pembelian untuk dilakukan penelusuran lebih lanjut.

Diharapkan kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam membeli pangan yang akan dikonsumsi dengan memperhatikan ciri-ciri pangan yang aman dan sehat, dan bila ragu dapat menghubungi petugas pasar setempat atau Petugas Kantor Badan POM di Kabupaten  Bima di nomor 0822 3529 6800 atau di HALO BPOM di (021) 1500 533

“ Keamanan Pangan Adalah Milik  dan Tanggung Jawab Kita Bersama”

Badan POM hadir melindungi dan melayani masyarakat.

Kantor Badan POM di Kabupaten Bima

Hubungi Kami - 1500533  Halo BPOM