Bimtek Petugas Pengelola Pasar Cicalengka Untuk Mendukung Program Pasar Aman Dari Bahan Berbahaya

Dibuat: 2019-08-08 08:58:55

Kabupaten Bandung - Dalam rangka mewujudkan pasar aman dari bahan berbahaya, pada Selasa (6/8/2019), telah dilaksanakan bimbingan teknis bagi petugas pengelola pasar di Pasar Sehat Sabilulungan, Cicalengka, Kabupaten Bandung. Acara ini dilaksanakan di ruang pertemuan pasar dan diikuti oleh perwakilan petugas pengelola Pasar Cicalengka, petugas UPTD Pasar Cicalengka, dan petugas dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bandung.

Acara bimtek dibuka oleh Kepala UPTD Pasar Sehat Sabilulungan Cicalengka, Iwan Martha Gunawan. Hadir sebagai pemateri adalah petugas dari Bidang Informasi dan Komunikasi Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Bandung, Atiek Liestyaningsih, Hendraningrum, dan Tanti Kuspriyanto. Materi yang disampaikan pada bimbingan teknis ini antara lain mengenai Pengetahuan Bahan Berbahaya, Cara Pengambilan Contoh atau Sampling Bahan Berbahaya dan Pangan yang Mengandung Bahan Berbahaya, Cara Penggunaan Rapid Test Kit, serta Monitoring dan Evaluasi. Selain itu, kepada perwakilan peserta bimtek diberikan satu set rapid test kit untuk digunakan dalam kegiatan monitoring dan evaluasi.

Untuk memudahkan pemahaman cara sampling dan penggunaan alat uji, selain pemberian materi, kepada peserta bimtek juga ditunjukkan contoh-contoh sampel pangan yang dicurigai mengandung bahan berbahaya serta praktek penggunaan rapid test kit. Praktek penggunaan rapid test kit ini perlu dilakukan agar pada tahap monitoring dan evaluasi, petugas sudah mengerti cara penggunaannya dan dapat melakukan sendiri pengujian sampel menggunakan test kit yang sudah diberikan oleh BBPOM di Bandung. Peserta bimtek sangat antusias saat mencoba menggunakan rapid test kit dan secara bergantian melakukan pengujian di bawah bimbingan pemateri. 

Kegiatan bimtek ini ditutup dengan sesi diskusi antara peserta dan pemateri. Melalui bimtek ini, diharapkan petugas pengelola pasar mendapatkan pengetahuan terkait penyalahgunaan bahan berbahaya pada pangan, bahaya dan efek sampingnya terhadap kesehatan, cara membedakan pangan yang diduga mengandung bahan berbahaya pada saat sampling, cara melakukan pengujian cepat, cara pelaporan hasil pengujian, dan pada akhirnya dapat berperan serta dalam pengawasan keamanan pangan, terutama dari penyalahgunaan bahan berbahaya pada pangan.

Melalui pasar yang aman dan bebas dari bahan berbahaya, diharapkan supply pangan kepada masyarakat juga akan aman karena pasar merupakan titik temu antara pedagang dan konsumen dalam jual beli pangan. Jadi bila pasarnya sehat dan aman dari bahan berbahaya, setidaknya pangan yang dikonsumsi oleh masyarakat juga akan sehat dan aman dari bahan berbahaya.

Hubungi Kami - 1500533  Halo BPOM