Pelatihan Fasilitator Pasar Aman dari Bahan Berbahaya

Dibuat: 2019-08-30 10:33:06

Serang, 21-23 Agustus 2019. Balai Besar POM di Serang melakasanakan pelatihan bagi fasilitator Program Pasar Aman dari Bahan Berbahaya. Kegiatan ini diikuti oleh 19 fasilitator dari 10 pasar terpilih di seluruh Kabupaten-Kota di Propinsi Banten. Para fasilitator berasal dari unsur petugas pasar dan perwakilan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan seluruh Kabupaten-Kota di Propinsi Banten.

Di hari pertama kegiatan, peserta kegiatan mendapatkan materi tentang Pengelolaan Pasar, menuju Pasar Aman dari Bahan Berbahaya dari Perwakilan Dinas Perindustian dan Perdagangan Provinsi Banten (Rosidi). Rosidi menyampaikan bahwa pengelolaan pasar perlu diperkuat dari segi pengawasan. Dinas Perindustrian dan Perdangan selalu melaksanakan pengawasan rutin terhadap pasar dan sarana industri. Rosidi juga menyampaikan meski Pemerintah Daerah dan Badan POM selalu melakukan pengawasan, keamanan pasar dari bahan berbahaya tetap perlu perhatian dari seluruh komunitas pasar.

Dilanjutkan dengan materi Penyelenggaraan Pasar Aman dari Bahan Berbahaya yang disampaikan oleh Indri Mayanti, Kepala Seksi Pendampingan Usaha Ritel Pangan Badan POM RI. Dalam pemaparannya Indri menyampaikan bahwa pasar aman adalah pasar yang di dalamnya terdapat komitmen dan dukungan penuh dari komunitas pasar (pedagang, pekerja, pengelola, asosiasi, pemasok, masyarakat)

dan stakeholder terkait (pihak Swasta/Lembaga Swadaya Masyarakat dan pemerintah setempat)

untuk mengendalikan peredaran bahan berbahaya yang disalahgunakan dalam pangan dan pangan yang berpotensi mengandung bahan berbahaya. Untuk itu, semua pihak harus bekerjasama dan saling bersinergi agar terwujud kepercayaan masyarakat terhadap pasar sebagai sumber utama suplai pangan yang aman.

Di hari kedua, para peserta pelatihan mendapatkan kesempatan untuk praktik kerja lapangan dengan mengunjungi Pasar Modern Town Market di Kota Tangerang. Di sini para peserta mengamati segala aspek tentang kesehatan serta keamanan pasar. Setelah peserta selesai melaksanakan kunjungan, kembali diberikan materi tentang teknik pengujian cepat bahan berbahaya menggunakan rapid testkit. Materi ini dibawakan oleh Kepala Seksi Pengujian Kimia Balai Besar POM di Serang (Siti Pudjowati). Dengan sangat antusias, para peserta mempraktekkan langsung tatacara pengujian bahan pangan menggunakan alat pengujian cepat.

Di hari terakhir, kegiatan diisi dengan materi tentang monitoring dan evaluasi oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Balai Besar POM di Serang (Nelvya Roza). Dalam sesi ini disampaikan tahapan monitoring dan evaluasi rangkaian Fasilitasi Pasar Aman dari Bahan Berbahaya. Dilanjutkan dengan presentasi dari peserta pelatihan tentang laporan kunjungan ke Pasar Modern Town Market pada hari sebelumnya. Melalui kegiatan pelatihan ini diharapkan fasilitator terus melaksanakan pengawasan pasar terhadap bahan berbahaya dengan konsisten dan lebih mandiri.

Balai Besar POM di Serang

Hubungi Kami - 1500533  Halo BPOM