PENYULUHAN KEPADA KOMUNITAS PASAR DALAM RANGKA PROGRAM PASAR AMAN DARI BAHAN BERBAHAYA DI KABUPATEN BANGKA BARAT

Dibuat: 2019-08-29 17:20:05

Dalam rangkaian program intervensi pasar aman dari bahan berbahaya Tahun Anggaran 2019, Balai POM di Pangkalpinang kembali mengadakan kegiatan di Kabupaten Bangka Barat, tepatnya di Pasar Muntok. Kegiatan ini menyasar seluruh komunitas pasar, mulai dari pedagang, konsumen, sanitarian puskesmas, petugas pasar dan juga tentunya lintas sektor terkait seperti Dinas Kesehatan dan Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian. Kegiatan penyuluhan kepada komunitas pasar dilaksanakan di area Pasar Muntok pada tanggal 28 Agustus 2019 yang dihadiri oleh 90 (Sembilan puluh) orang komunitas pasar.

Kegiatan ini diisi dengan penyampaian materi oleh narasumber yakni Kepala Balai POM di Pangkalpinang, Bapak Hermanto, S.Si., Apt., MPPM, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Kabupaten Bangka Barat, Miwani, SE, dan Kepala Seksi Promkes dan Kesling, Erik Juanda. Pada penyampaian materinya, Kepala Balai POM di Pangkalpinang menyampaikan tentang bahan berbahaya yang sering disalahgunakan dalam makanan, terlebih untuk pasar merupakan tempat yang cukup beresiko adanya penyalahgunaan bahan berbahaya pada makanan. Atas dasar itulah perlu disampaikan kepada pedagang untuk waspada apabila ada sales atau pihak yang menawarkan penggunaan bahan-bahan untuk pangan yang tidak jelas asal usulnya, terkait dengan hal tersebut para pedagang juga dihimbau untuk selalu menanyakan data sales atau pihak yang menawarkan sesuatu kepada pedagang agar apabila di kemudian hari ditemukan bahwa produk yang ditawarkan tidak sesuai syarat.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para peserta yang sebagian besar adalah pedagang di pasar Muntok mendapatkan wawasan tambahan mengenai waspada terhadap bahan berbahaya yang sering disalahgunakan pada pangan, sehingga para pedagang dapat meningkatkan kewaspadaannya terhadap kemungkinan adanya bahan berbahaya yang masuk ke pasar Muntok.

Balai POM di Pangkalpinang

Hubungi Kami - 1500533  Halo BPOM