PELATIHAN FASILITATOR PASAR AMAN DARI BAHAN BERBAHAYA

Dibuat: 2019-09-27 10:34:47

Bandung - Pasar tradisional merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta ditandai dengan adanya transaksi penjual dan pembeli secara langsung yang biasanya terdapat proses tawar-menawar. bangunan pasar tradisional biasanya terdiri dari kios-kios atau gerai, los dan dasaran terbuka yang dibuka oleh penjual maupun suatu pengelola pasar. Pada pasar tradisional dijual berbagai macam produk baik pangan maupun non pangan. Pasar tradisional masih menjadi tujuan utama masyarakat untuk membeli produk yang dibutuhkan. Demikian juga dengan kebutuhan terhadap pangan.

Saat ini masih banyak dari pedagang di pasar tradisional yang menjual bahan berbahaya atau pun pangan yang mengandung bahan berbahaya. Untuk itu Badan POM menginisiani kegiatan Pasar Aman dari Bahan berbahaya sejak tahun 2013. Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Bandung merupakan UPT Badan POM melaksanakan kegiatan Pasar Aman dari bahan berbahaya dibeberapa pasar di wilayah Jawa Barat.

Dalam rangkaian kegiatan Pasar Aman dari Bahan berbahaya tersebut Balai Besar POM di Bandung melaksanakan  Pelatihan Fasilitator Pasar Aman dari Bahan berbahaya di Kota Bandung tanggal 24-26 September 2019. Kegiatan yang diikuti 27 Calon Fasilitator ini dibuka oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Balai Besar POM di Bandung, Rusiana, dengan tujuan untuk memberdayakan petugas pengelola pasar agar dapat melakukan pengawasan terhadap bahan berbahaya, bahan pangan maupun produk pangan yang diduga mengandung bahan berbahaya di pasar yang dikelolanya.

Materi yang disampaikan pada kegiatan pelatihan ini antara lain: Pengetahuan Bahan berbahaya, Identifikasi Pasar, Identifikasi pedagang, Sampling, Pengujian Cepat  Bahan Berbahaya, Monitoring dan evaluasi, serta Formulir Kegiatan Pasar Aman dari Bahan berbahaya. Materi-materi tersebut disampaikan oleh narasumber dari Direktorat Pemberdayaan Masyarakat dan Pelaku Usaha, Nur Allimah Yunita, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Balai Besar POM di Bandung, Rusiana, serta R. Lusiea dan Aini Ratnawati dari Bidang Informasi dan Komunikasi Balai Besar POM di Bandung.

Pada pelatihan kali ini juga dilakukan praktek lapangan ke Pasar Palasari Kota Bandung untuk mempraktekkan materi yang telah didapatkan para calon Fasilitator.

Di akhir acara, Rusiana menyampaikan bahwa kegiatan Pasar Aman dari Bahan berbahaya yang telah diinisiasi dapat direplikasi oleh pemerintah daerah dan fasilitator yang telah dilatih agar dapat memfasilitasi pengawasan pasar didaerahnya masing-masing.

Hubungi Kami - 1500533  Halo BPOM